Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Terpilih Pimpin Dekopinda Jaksel, Syahnan Phalipi Siap Bangkitkan Bisnis Koperasi
Sabtu, 07-11-2020 - 09:15:03 WIB
TERKAIT:
   
 

Situsnews – Jakarta


Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Jakarta Selatan Doktor Syahnan Phalipi bertekad akan menggeliatkan bisnis koperasi-koperasi di DKI Jakarta, khususnya di Jakarta Selatan. Selain mendapat dukungan Pemprov DKI dan Walikota Kota Jakarta Selatan, Syahnan optimis koperasi bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 karena dalam koperasi terdapat semangat kebersamaan, solidaritas, dan tanggungjawab sosial.


Hal itu diungkapkan Doktor Syahnan usai terpilih dan diangkat menjadi Ketua Dekopinda dalam Musyawarah Daerah Dekopinda Jakarta Selatan yang digelar di kantor Dekopinwil Provinsi DKI Jakarta, Jl. Dharmawangsa Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Doktor dalam Ilmu Manajemen itu dipilih secara aklamasi oleh perwakilan koperasi-koperasi primer se-Jakarta Selatan.


“Jabatan ini adalah amanah yang harus saya pertanggungjawabkan dengan kerja keras dan kerja kreatif. Sesuai amanat Dekopinwil dan Dekopin Pusat, fokus kerja kami ke depan ialah konsolidasi Gerakan Koperasi untuk secara bergotong-royong membangkitkan bisnis koperasi-koperasi di daerah Jakarta Selatan dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19,” ungkap Syahnan usai acara pengukuhan dirinya sebagai ketua Dekopinda Jakarta Selatan.


Pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua Dekopinwil DKI Jakarta Doktor Ferry Juliantono dan disaksikan oleh Asisten Walikota Jakarta Selatan Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Mukhlisin, SE, MA.
Dalam arahannya, Ferry Juliantono meminta ketua dan jajaran pengurus Dekopinda Jakarta Selatan untuk bekerja keras dan nyata dalam semangat kebersamaan untuk membangkitkan koperasi-koperasi dari keterpurukan di era new normal.


“Saya meminta Dekopinda Jakarta Selatan untuk menyukseskan program revitalisasi koperasi dan UMKM di DKI, khususnya di Jakarta Selatan melalui kegiatan-kegiatan nyata seperti membentuk forum bisnis dan mendirikan usaha berbasis IT. Salah satunya, saya berharap Dekopinda Jaksel dan Dekopinda lainnya di DKI untuk bekerja sama, bersinergi dan berkolaborasi dengan pasar tradisional,” ujar Ferry Juliantono yang juga Ketua Umum Induk Koperasi Pasar (Inkoppas) dan Wakil Ketua Umum Dekopin.


Ferry Juliantono mengapresiasi kehadiran dan dukungan Walikota Jakarta Selatan terhadap program konsolidasi dan kerja-kerja Dekopinda ke depan. Dukungan Walikota Jakarta Selatan merupakan tindak-lanjut dukungan Pemprov DKI Jakarta kepada Dekopinwil DKI Jakarta. “Kami berterima kasih kepada Walikota Jakarta Selatan yang siap membantu peningkatan kapasitas dan manajemen koperasi dalam rangka percepatan bisnis,” pungkas Ferry.


Syahnan Phalipi bukanlah orang baru dalam gerakan ekonomi kerakyatan. Pada periode 2015-2020, ia menjadi salah pengurus inti di Dekopinwil DKI Jakarta. Saat ini, alumnus S3 Universitas Trisakti itu juga menjabat Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (DPP HIPMIKINDO).


Meski tidak mudah, Syahnan menerima tugas dan tanggungjawabnya sebagai Ketua Dekopinda dengan sikap optimistis. Ia menyebut setidaknya ada tiga faktor sebagai modal dasar kerja pengurus Dekopinda yang dipimpinnya. Modal pertama, nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang menjadi jatidiri koperasi seperti keadilan, kesetaraan, transparansi, kerjasama, dan tolong-menolong.


“Prinsip kerjasama berdasarkan semangat kegotong-royongan itulah yang akan kami solidkan dan kami perkuat untuk bersama-sama memulihkan aktivitas bisnis koperasi-koperasi yang banyak terpuruk akibat pandemi Covid-19.
Konsolidasi penting untuk memperteguh semangat kerjasama dan solidaritas antara sesama koperasi dan anggota Koperasi. Kerjasama dan tolong- menolong adalah jatidiri sekaligus kekuatan Koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat,” ujar Syahnan, mantan direksi di sebuah bank nasional.


Ia mencontohkan, Dekopinda akan menjembatani antara produsen dan pasar- pasar tradisional di Jakarta dalam mendapatkan produk-produk dengan harga yang kompetitif. “Kami akan memperluas jaringan pemasok kebutuhan pasar tradisional. Kami sudah punya beberapa produk seperti gula merah dan bawang putih,” ujar Syahnan usai Musda yang mengusung tema ‘Meningkatkan Kinerja dan kreativitas untuk menghadapi pandemi Covid-19.’


Kedua, dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Selatan. Menurut Syahnan, dukungan pemerintah sangat penting bagi ekonomi rakyat, apalagi di saat krisis akibat pandemi Covid-19. Pihaknya akan ikut membantu koperasi-koperasi dalam mendapatkan berbagai program bantuan Pemerintah untuk pemulihan ekonomi di era Covid-19.


“Kami senang karena Walikota Jaksel tadi dengan sangat jelas menyatakan akan membantu konsolidasi organisasi Gerakan Koperasi di wilayah Jakarta Selatan. Sebelumnya, wakil Gubernur DKI Jakarta juga memberikan dukungan penuh kepada program-program Dekopinwil DKI Jakarta dalam menjadikan koperasi di Ibu Kota sebagai terdepan,” ujar Syahnan yang juga duduk sebagai wakil ketua Dekopinwil DKI Jakarta.

Digitalisasi Koperasi di Jaksel


Ketiga, dalam rangka konsolidasi organisasi dan efisiensi bisnis koperasi, Syahnan bertekad akan mempercepat digitalisasi koperasi-koperasi. Digitalisasi Koperasi, kata Syahnan, adalah tuntutan kebutuhan yang mendesak di era revolusi industri 4.0 bagi koperasi-koperasi, apalagi koperasi di Ibu Kota. (dekopin/As)




 
Berita Lainnya :
  • "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
  • Hari Bela Negara ke-75, FPK Riau Bersama PSMTI Gelar Baksos Donor Darah
  • Hanura Sumbar Desak Gubernur Lantik Komisi Informasi Publik
  • Menhan Disambut Danrem 032/Wbr Kunjungi Korban Erupsi Gunung Marapi
  • Febby Dt Bangso Dari Ketua Ke Ketua
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
    02 Hari Bela Negara ke-75, FPK Riau Bersama PSMTI Gelar Baksos Donor Darah
    03 Hanura Sumbar Desak Gubernur Lantik Komisi Informasi Publik
    04 Menhan Disambut Danrem 032/Wbr Kunjungi Korban Erupsi Gunung Marapi
    05 Febby Dt Bangso Dari Ketua Ke Ketua
    06 Seluruh Korban Erupsi Gunung Marapi Telah Ditemukan
    07 Ganjar Mahfud: Benarkah Akan Dwi Tunggal?
    08 Sinde Puspita,S.Psi MM PhD. Pulang Menata Pendidikan Sumbar
    09 Sekjen Hanura Berpulang, Febby Dt Bangso dan DPD Hanura Sumbar Sampaikan Duka Mendalam
    10 Febby Dt Bangso: Kharisma Ganjar Pranowo Jelas Terlihat di Jalan Santai Perjuangan
    11 Syafri Terpilih Secara Aklamasi Pimpin Forum UMKM Kab. Solok
    12 Diikuti FPK Kabupaten/Kota, Plt Gubri Buka Rakor FPK Riau
    13 Pendamping Halal LP3H UNP Raih Peringkat II Nasional Pendamping Inspiratif
    14 Terima Penghargaan FPK Riau, Gubri Ucapkan Terima Kasih kepada 69 Paguyuban se Riau
    15 Pengurus PWI Sumbar Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mantan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni
    16 Hadirkan Komisioner KPU Riau, Dialog FPK Riau Diikuti Puluhan Tokoh Paguyuban
    17 Dibuka Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Putu Senawa Terpilih sebagai Ketua PHDI Riau
    18 Ingin Rawat Sendiri, 24 Petani kampar Minta Keluar dari Program Lanjutan PSR BPDPKS
    19 Staf Khusus Presiden RI Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan dalam PKKMB Universitas Sahid 2023
    20 Kerjasama International USAHID Menggandeng International Islamic Academy of Uzbekistan
    21 Ini 10 Motivator Terbaik dan Terkenal di Indonesia, Nomor Tujuh Paling Muda
    22 Rilis Mini Album Metro, Jebung Padukan Genre dan Warna Musik
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat