Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Pelaksanaan PON XX Papua Ketat Prokes
Sabtu, 14-08-2021 - 16:00:40 WIB
TERKAIT:
 
  • Pelaksanaan PON XX Papua Ketat Prokes
  •  

    Situsnews.com,Jakarta-Untuk mencegah wabah global Covid-19, penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan mengutamakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat selama berlangsungnya kompetisi tersebut. setiap kontingen yang menjadi bagian harus melakukan skrining atau tes COVID-19 saat berada di wilayah asal mereka. Setelah dipastikan terbebas dari ancaman virus berbahaya baru dapat menuju ke tempat berlangsungnya PON.


    Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Pekan Olahraga Nasional XX Papua Mayjen TNI (Purn) Suwarno. Ujarnya, setibanya di lokasi penyelenggaraan PON XX Papua, kontingen olahraga melakukan skrining kembali. Sambil melakukan karantina di fasilitas yang telah disediakan oleh panitia dalam ajang kompetisi nasional tersebut.


    “Sebelum berangkat ke tempat kompetisi PON XX Papua, kontingen sudah dilakukan pengecekan COVID-19," ujar Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX Papua Mayjen TNI (Purn) Suwarno dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertajuk "Siap Berlaga di PON XX Papua" pada Jumat (13/8/2021).


    Saat tiba di wisma, para kontingen tidak boleh saling berinteraksi dengan sesama kontingen yang lainnya. Hal tersebut harus dilakukan selama penyelenggaraan PON XX selesai diadakan. "Masuk ke wisma mereka tidak boleh terlalu banyak kontak sesamanya maupun dengan orang di luar," tuturnya.


    Guna mencegah para kontingen terinfeksi dari wabah global tersebut, pemerintah daerah (Pemda) terkait, juga akan melakukan vaksinasi massal untuk masyarakat yang tinggal di sekitar tempat bertanding (venue) ajang olahraga. Diupayakan, seluruh masyarakat yang tinggal berdekatan dengan venue dapat melakukan vaksinasi dalam waktu dekat ini.


    Targetnya, sebanyak 70 persen dari penduduk yang tinggal berdekatan dengan venue PON XX dapat segera dilakukan vaksinasi akhir Agustus 2021. "Sampai saat ini vaksinasi yang dilakukan sudah mencapai sekitar 40 persen," katanya.


    Seluruh ide di atas, tambah Suwarno, diadaptasi oleh penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020. Mengingat, ajang oleharag tingkat internasional tersebut sukses diselenggarakan di masa pandemi saat ini. Jadi, setiap penyelenggaraan di sana akan diimplementasikan pada perhelatan ajang olahraga nasional POIN XX Papua dalam beberapa waktu ke depan. "Olimpiade Tokyo itu benar-benar sangat ketat dalam menerapkan protokol kesehatannya," imbuhnya.


    Nurul Akmal, atlet yang baru saja mengharumkan nama bangsa di pesta Olimpyade Toyo 2021, menyampaikan prokes menjadi syarat mutlak yang harus dijaga. “Kesehatan itu menjadi hal yang utama. Sarana Prokes juga harus menjadi perhatian untuk selalu tersedia,” ujar pria yang biasa disapa Amel.


    Atlet andalan Indonesia di cabang angkat besi ini pun menjadikan pengalaman di Tokyo, bertanding di saat pandemi sebagai modal meraih prestasi di PON XX Papua.


    Ia akan bertanding membawa nama Provinsi Aceh pada PON XX Papua, Oktober mendatang. “Pengalaman bertanding di Tokyo berbeda karena pandemi COVID-19. Tak ada sorak sorai penonton. Ini bisa jadi modal untuk kemungkinan kondisi yang sama di PON Papua nanti,” katanya.


    Sementara atlet cabang olahraaga Kempo andalan Provinsi Papua di PON XX nanti, Charlie Matatar mengaku siap berprestasi lebih karena selain sebagai tuan rumah, latihan dan disiplin yang dilakukan selama ini, menjadi kunci utama. “Disiplin lain, tentu adalah menjalanka protocol kesehatan yang ketat sehingga penyelenggaraan PON nanti tidak hanya prestasi atlet, tapi prestasi sebagai tuan rumah dalam menjalankan pesta olahraga di tengah pandemic, berhasil,” katanya.


    Terkait kesiapan venue-venue pertandingan, secara khusus Matatar memberikan apresiasi kepada penyelenggara yang dikatakannya serius dalam menyelesaikan pembangunan dan fasilitasnya. “Mantab. Secara umum sudah siap. Memang ada beberapa yang belum rampung, namun rasanya hanya tinggal penyelesaian akhir saja,” katanya


    Mayjen TNI (Purn) Suwarno selaku Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) kembali menegaskan yang berkaitan dengan teknis penyelenggaraan PON XX dari persiapan venue, akomodasi, hingga peralatan, optimis dapat segera diselesaikan pada akhir Agustus 2021. Seluruh instansi pemerintah baik pusat dan daerah dikatakannya tengah berupaya seoptimal mungkin dalam memastikan penyelenggaraan PON XPON XX Papua dapat berjalan dengan lancar. "sudah
    mendekati waktu-waktunya penyelengaaran PON XX Papua, semua sudah hampir selesai saat ini. Akhir Agustus ditargetkan selesai," pungkasnya. (siaran pers/Dpriyatna)




     
    Berita Lainnya :
  • Desa Binaan Diterpa Bencana Banjir, TLCI #2 Riau Droping Bansos dan Gerakkan Perekonomian Warga
  • YPI Utamakan Nasionalisme Dalam Setiap Aspek di ajang International
  • 41 Personel Berprestasi Mendapatkan Penghargaan Kapolda Riau
  • Polda Riau Gelar Vaksin Merdeka, Kapolda : Tren Positifity dari 31 Persen Menjadi 6 Persen
  • Kapolri Minta Semua Lokasi Pusat Aktivitas Warga Dipasangi Aplikasi PeduliLindungi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Desa Binaan Diterpa Bencana Banjir, TLCI #2 Riau Droping Bansos dan Gerakkan Perekonomian Warga
    02 YPI Utamakan Nasionalisme Dalam Setiap Aspek di ajang International
    03 41 Personel Berprestasi Mendapatkan Penghargaan Kapolda Riau
    04 Polda Riau Gelar Vaksin Merdeka, Kapolda : Tren Positifity dari 31 Persen Menjadi 6 Persen
    05 Kapolri Minta Semua Lokasi Pusat Aktivitas Warga Dipasangi Aplikasi PeduliLindungi
    06 Polres Dumai Gelar FGD Cegah Radikalisme dan Terorisme
    07 Divhumas Polri Tinjau Langsung Sosialisasi “Terorisme Musuh Bersama” di Ponpes Al Islam Madani Kampar
    08 Tanda Tangani Kerjasama dengan SKK Migas, Kapolda Riau Komit Kelola Keamanan Secara Baik, Efisien dan Modern
    09 Pacu Percepatan Herd Immunity Lingkungan Kampus, Polda Gandeng UMRI Gelar Vaksinasi
    10 Resmikan Isoter Wisma Kemala, Kapolda Riau Serahkan Bantuan 30 Oksigen Konsentrator dari Kapolri
    11 Bakti Nusa Siap Lepas 57 Penerima Manfaatnya dalam National Mission
    12 Trafik Data Meningkat 76% di Banten, XL Axiata Gencar Bangun Jaringan 4G Hingga ke Pelosok
    13 Warga Minta Kerusakan Jalan Melati Segera Diperbaiki
    14 Disnakertrans Riau Kembali Buka Kartu Prakerja, Begini cara daftarnya
    15 Nakes Polresta Pekanbaru Gelar Vaksinasi Tahap II di Pondok Pesantren Nurul Huda Al Islami
    16 Moral Technology School Gelar Progres Program dan Rencana Kegiatan
    17 Polda Riau Siap Perkuat Pengamanan Produksi PTPN V
    18 Tinjau Rumah Oksigen Lanud, Gubri: Pembangunan Sudah 95 Persen
    19 Begini Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tak Muncul di Pedulilindungi.id
    20 Kapolri Ajak Semua Angkatan Akpol Mempercepat Vaksinasi
    21 Lepas 37 Perwira Penerima LPDP, Kapolri: Jadikan Bekal untuk Bangun Indonesia Lebih Maju
    22 Peduli Dampak Pandemi Covid-19, Komunitas Otomotif Hofos Berbagi Sembako
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat