Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Dekopin Jalin Kerjasama Dengan Universitas Siber Asia
Rabu, 20-01-2021 - 20:25:43 WIB
TERKAIT:
   
 

Situsnews - Jakarta 


Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) berkomitmen memberikan beasiswa kepada anggota koperasi yang ingin mengikuti kuliah secara daring di Universitas Siber Asia (Unsia). Beasiswa yang diberikan berupa subsidi senilai Rp 1 juta kepada 500 anggota koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia.


Komitmen tersebut tertuang dalam perjanjian kerjasama antara Dekopin dengan Unsia yang ditandatangani di Kantor Dekopin, Jakarta, Selasa (19/1/2021). Penandatangan kerjasama itu dilakukan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dan Rektor Unsia Jang Youn Cho, Ph.D. Nurdin Halid didampingi Sekjen Dekopin Pahlevi Pangerang dan beberapa Pimpinan Paripurna Dekopin.


Sedangkan Rektor Jang Youn Cho didampingi wakil Rektor Bidang Administrasi Keuangan, SDM, dan Kerjasama, Abdul Wahab Bangkona.
“Dengan sistem perkuliahan online, memungkinkan generasi muda koperasi di seluruh Indonesia bisa kuliah di ‘kampus’ berkualitas dan dengan biaya relatif murah dibanding kuliah offline. Para praktisi koperasi bisa mengikuti kuliah tanpa harus meninggalkan pekerjaan dan pergi ke kota untuk kuliah. Program studi yang ditawarkan juga sangat relevan dengan kebutuhan pengelolaan koperasi,” ujar Nurdin Halid.


Nurdin Halid memaparkan, banyak manfaat yang bisa didapat oleh Gerakan Koperasi Indonesia dari kerjasama ini. Dari sisi biaya, dengan membayar uang kuliah Rp 3 juta per semester, berarti hingga meraih gelar sarjana, cuma mengeluarkan biaya sekitar Rp 25 juta. “Karena tidak perlu biaya ke kota, menyewa kos, dan biaya hidup lain di perkotaan,” ujar Nurdin Halid.


Di sisi lain, tambah Nurdin, dengan sistem kuliah online, maka seorang praktisi koperasi atau anaknya bisa mengikuti kuliah sambil bekerja dan mengembangkan karir. Apalagi di masa ekonomi sulit dan larangan kuliah tatap muka akibat wabah Covid-19, kuliah online di Unsia menjadi pilihan yang realistis, rasional, dan strategis. “Karena kampus Unsia itu adanya di smartphone atau di laptop,” demikian Nurdin Halid.


Dijelaskan, kerjasama ini juga sesuai program prioritas Dekopin di bidang peningkatan kapasitas koperasi di Indonesia. Program prioritas Dekopin periode 2019-2024 sejalan dengan program prioritas pemerintahan Jokowi 2019-2024 yang fokus pada pembangunan manusia demi memanfaatkan bonus demografi (penduduk usia produktif 15-64 tahun lebih banyak dibandingkan penduduk no n-produktif) yang mencapai puncaknya pada tahun 2030. Menurut data Bapenas, pada tahun 2030, penduduk produktif Indonesia mencapai 64%.


“Yang tentu saja menarik bahwa dengan semakin banyak praktisi koperasi mengikuti kuliah online ini, maka kita sesungguhnya sedang mempercepat penerapan industri 4.0 kepada koperasi. Di era ekonomi digital saat ini, koperasi- koperasi kita harus memperkuat diri dengan kemampuan dan budaya digital. Di situlah kita mengambil hikmah dari Covid-19 yaitu ‘memaksa’ masyarakat Koperasi aktif menerapkan teknologi informasi,” Nurdin Halid menambahkan.


Rektor Unsia Jang Youn Cho menyambut baik kerjasama pihaknya dengan Dekopin. Menurutnya, kuliah online menjadi sangat penting bagi Indonesia untuk mempercepat pencapaian angka partisipasi kasar Pendidikan tinggi. Indonesia yang baru mencapai 34,8% tahun 2019. Bandigkan dengan Malaysia yang sudah mencapai 50%, Singapura 78%, dan Korea Selatan 98%.


“Di Korea Selatan ada lebih dari 20 kampus yang sudah menerapkan kuliah online. Saya juga berharap, kampus online semakin bertumbuh dan berkembang di negara kepulauan yang luas seperti Indonesia. Melalui kerjasama dengan Dekopin, Unsia berkomitmen untuk bersinergi agar proporsi masyarakat Koperasi yang berpendidikan S1 bisa diperbanyak secara lebih cepat. Saya tentu berterima kasih kepada Dekopin atas komitmennya memberikan subsidi kepada anggotanya untuk mengikuti kuliah di Unsia,” ujar mantan rektor salah satu universitas online di Seoul, Korea Selatan, ini.


(Dekopin/As)




 
Berita Lainnya :
  • "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
  • Hari Bela Negara ke-75, FPK Riau Bersama PSMTI Gelar Baksos Donor Darah
  • Hanura Sumbar Desak Gubernur Lantik Komisi Informasi Publik
  • Menhan Disambut Danrem 032/Wbr Kunjungi Korban Erupsi Gunung Marapi
  • Febby Dt Bangso Dari Ketua Ke Ketua
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
    02 Hari Bela Negara ke-75, FPK Riau Bersama PSMTI Gelar Baksos Donor Darah
    03 Hanura Sumbar Desak Gubernur Lantik Komisi Informasi Publik
    04 Menhan Disambut Danrem 032/Wbr Kunjungi Korban Erupsi Gunung Marapi
    05 Febby Dt Bangso Dari Ketua Ke Ketua
    06 Seluruh Korban Erupsi Gunung Marapi Telah Ditemukan
    07 Ganjar Mahfud: Benarkah Akan Dwi Tunggal?
    08 Sinde Puspita,S.Psi MM PhD. Pulang Menata Pendidikan Sumbar
    09 Sekjen Hanura Berpulang, Febby Dt Bangso dan DPD Hanura Sumbar Sampaikan Duka Mendalam
    10 Febby Dt Bangso: Kharisma Ganjar Pranowo Jelas Terlihat di Jalan Santai Perjuangan
    11 Syafri Terpilih Secara Aklamasi Pimpin Forum UMKM Kab. Solok
    12 Diikuti FPK Kabupaten/Kota, Plt Gubri Buka Rakor FPK Riau
    13 Pendamping Halal LP3H UNP Raih Peringkat II Nasional Pendamping Inspiratif
    14 Terima Penghargaan FPK Riau, Gubri Ucapkan Terima Kasih kepada 69 Paguyuban se Riau
    15 Pengurus PWI Sumbar Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mantan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni
    16 Hadirkan Komisioner KPU Riau, Dialog FPK Riau Diikuti Puluhan Tokoh Paguyuban
    17 Dibuka Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Putu Senawa Terpilih sebagai Ketua PHDI Riau
    18 Ingin Rawat Sendiri, 24 Petani kampar Minta Keluar dari Program Lanjutan PSR BPDPKS
    19 Staf Khusus Presiden RI Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan dalam PKKMB Universitas Sahid 2023
    20 Kerjasama International USAHID Menggandeng International Islamic Academy of Uzbekistan
    21 Ini 10 Motivator Terbaik dan Terkenal di Indonesia, Nomor Tujuh Paling Muda
    22 Rilis Mini Album Metro, Jebung Padukan Genre dan Warna Musik
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat