Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Mentan SYL - Koordinator PBB Indonesia Perkuat Peran dan Strategi Sektor Pertanian
Jumat, 20-11-2020 - 21:18:59 WIB
TERKAIT:
 
  • Mentan SYL - Koordinator PBB Indonesia Perkuat Peran dan Strategi Sektor Pertanian
  •  

    Situsnews - Jakarta


    Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memaparkan peran dan strategi sektor pertanian Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 dalam rapat virtual dengan United Nations Resident Coordinator (UNRC) / koordinator Badan Perserikatan Bangsa -Bangsa (PBB) di Indonesia. Dalam rapat tersebut, Mentan juga meminta dukungan PBB untuk peningkatan mobilitas sumber daya dalam pembangunan pertanian di Indonesia.


    “Dalam kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada badan-badan PBB sebagai mitra penting dan strategis Pemerintah Indonesia selama ini, utamanya dalam mendukung pembangunan pertanian nasional secara berkelanjutan,”ujar Mentan Syahrul di AWR, Kantor Pusat Kementan pada Jumat (20/11/20).


    Syahrul menyebutkan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Badan-badan PBB sebagaimana tertuang dalam United Nations Sustainable Development Cooperation Framework (UNSDCF) 2020-2024 meliputi empat prioritas strategis yaitu, (1) Pembangunan SDM yang Inklusif,(2) Transformasi Ekonomi, (3) Pembangunan Hijau, Perubahan Iklim dan Bencana Alam, serta (4) Innovasi untuk Percepatan SDGs sangat sejalan dan mendukung rencana pembangunan strategis pertanian Indonesia 2020-2024.


    “Secara khusus, sebagai sektor produksi, Kementerian Pertanian dapat berkontribusi lebih pada pencapaian outcome, prioritas strategis yang kedua yaitu memajukan transformasi ekonomi yang bernilai tambah dan inklusif,” sebutnya.


    Dalam kondisi pertumbuhan ekonomi yang melambat akibat pandemi COVID-19, kata Mentan, pertumbuhan PDB sektor pertanian meningkat sekitar 2,19% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year). Kuartal ini juga menunjukkan capaian pertumbuhan sektor pertanian hingga 16,24% dibandingkan kuartal sebelumnya.


    “Sektor pertanian menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi bangsa. Hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap total PDB mencapai 16% dan menyediakan lapangan kerja bagi hampir setengah total penduduk,”ujarnya.


    Selain itu, berdasarkan Indeks Ketahanan Pangan Global, peringkat ketahanan pangan Indonesia menunjukkan peningkatan dari peringkat 74 pada 2015 menjadi peringkat 62 pada 2019. Prevalensi stunting juga menurun dari 30,8% pada 2018 menjadi 27,67% pada 2019.


    “Dalam konteks saat ini, kami akan terus bersinergi dengan FAO, IFAD, WFP, UNDP, dan Badan-badan PBB lainnya dalam menangani dampak krisis akibat COVID-19 pada sistem pangan serta mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia,” kata Syahrul.


    Pada kesempatan yang sama, United Nations Resident Coordinator (UNRC) / koordinator Badan Perserikatan Bangsa -Bangsa (PBB) di Indonesia, Valerie Julliand mengapresiasi kinerja sektor pertanian dalam kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo. Menurutnya, keberhasilan pembangunan pertanian sangat baik dalam menghadapi krisis Covid- 19 dan penanganan untuk memperkuat regulasi dengan PBB terutama dengan 3 organisasi utama PBB yaitu Food and Agriculture Organisation (FAO) , International Fund for Agricultural Development (IFAD), World Food Programme (WFP).


    “Saya yakin Bapak sudah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan ketahanan pangan dalam menghadapi krisis ini dan memastikan bahwa tidak ada satupun warga negara Indonesia yang tidak memiliki makanan atau kelaparan dan mewakili organisasi kami PBB, saya senang sekali dapat bekerjasama dengan bapak dan kami menantikan dapat terus melanjutkan kerjasama,” ujar Valerie.


    Valerie menyebutkan rencana pembangunan strategi (RENSTRA) 5 tahun periode 2020 - 2024 Kementan adalah elemen penting untuk mencapai pertanian yang independen modern dan juga berkelanjutan. Dalam hal ini, Valerie menilai visi Kementan untuk mengalihkan pendekatan berbasis produksi ke pendekatan untuk menyediakan pangan.


    "Pendekatan ini selaras dengan yang sudah dicanangkan oleh PBB untuk mencapai produksi pangan berkelanjutan serta menyediakan nutrisi dan gizi yang sehat," terangnya.


    Menurutnya seluruh negara di dunia menyadari bahwa negara yang memiliki ketahanan pangan dan mandiri dalam memproduksi makanan mereka dapat bertahan dalam menghadapi covid-19. Banyak negara yang sangat mengandalkan ekspor dan impor pangan dan mereka menghadapi kesulitan luar biasa dalam krisis ini .


    “Jadi sekali lagi saya ingin mengucapkan bahwa Kementerian Pertanian mengambil peranan besar dalam menghadapi hal ini, jadi kami sangat tertarik untuk mendengar pandangan Bapak menteri bagaimana bapak melihat evolusi pertanian terutama di Indonesia, bagaimana bapak mengharapkan pengembangan pertanian di masa depan untuk Indonesia,” tutup Valerie.


    (Deptan/As)




     
    Berita Lainnya :
  • Nurdin Halid Menang Gugatan di PTUN, Prof Jimly Asshiddiqie Minta Presiden Jokowi Selesaikan Masalah Dekopin
  • Ketum Dekopin Nurdin Halid siap Komunikasi Dan Kerjasama Dengan Pemerintah
  • Mentan SYL ; "Matahari Bersinar Tidak Menanyakan Agama" Dorong ASN Pererat Tali Persaudaraan
  • Mentan SYL di Acara Launching AEW Ragunan: Hadapi Pandemi, Harus Kreatif dan Produktif
  • Gugatan Nurdin Halid Dimenangkan PTUN Nurdin Halid Sebagai Ketua Umum DEKOPIN yang Sah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Nurdin Halid Menang Gugatan di PTUN, Prof Jimly Asshiddiqie Minta Presiden Jokowi Selesaikan Masalah Dekopin
    02 Ketum Dekopin Nurdin Halid siap Komunikasi Dan Kerjasama Dengan Pemerintah
    03 Mentan SYL ; "Matahari Bersinar Tidak Menanyakan Agama" Dorong ASN Pererat Tali Persaudaraan
    04 Mentan SYL di Acara Launching AEW Ragunan: Hadapi Pandemi, Harus Kreatif dan Produktif
    05 Gugatan Nurdin Halid Dimenangkan PTUN Nurdin Halid Sebagai Ketua Umum DEKOPIN yang Sah
    06 KNKT: Mesin Sriwijaya Air SJ182 Masih Hidup Sebelum Membentur Air
    07 Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!
    08 Kasus Positif Corona di RI 12 Januari Tambah 10.047, Kasus Kematian Rekor
    09 Presiden Berharap Kurva COVID 19 Menurun Dalam Dua Pekan
    10 BPOM Beri Izin Vaksin COVID-19 Sinovac, Eficacy 65,3 Persen
    11 Risma Janji Kemensos Bakal Bantu Keluarga Korban Sriwijaya Air
    12 Luhut Pastikan Vaksinasi Nasional Dilakukan Rabu Besok
    13 Habib Rizieq-Dirut RS UMMI Jadi Tersangka Kasus Tes Swab
    14 4 Investigasi Terkini KNKT Soal Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182
    15 Kementan Remajakan RPH Untuk Perkuat Hilirisasi Peternakan
    16 Mulai Berlaku Hari Ini, Simak Aturan Perjalanan Darat di Masa PSBB Jawa-Bali
    17 PSBB Ketat Jakarta 11-25 Januari: Kantor 75% WFH-Mal Tutup Pukul 19.00 WIB
    18 Komnas HAM: Petugas Langgar HAM dalam Penembakan 4 Laskar FPI Pasca Km 50
    19 BPOM Pastikan Izin Darurat Vaksin Sinovac Bisa Keluar Sebelum 13 Januari
    20 3 Hari Berturut-turut Kasus Harian Corona Pecah Rekor hingga Tembus 10 Ribu
    21 Pecah Rekor Lagi! Kasus Corona RI Hari Ini Tembus 10 Ribu Lebih
    22 Mentan Jamin Pasokan dan Stabilkan Harga Kedelai
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat