Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Hadirkan Komisioner KPU Riau, Dialog FPK Riau Diikuti Puluhan Tokoh Paguyuban
Senin, 23-10-2023 - 21:43:44 WIB
FPK Provinsi Riau kembali meggelar Dialog Nilai-nilai Pembauran Kebangsaan.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau kembali meggelar Dialog Nilai-nilai Pembauran Kebangsaan. Kali ini forum yang menghimpun sekitar 76 organisasi Paguyuban Etnik dan Daerah itu mengadakan dialog yang mengambil tema Penguatan Idiologi dan Wawasan kebangsaan untuk Pemilu Damai. Acara yang diikuti sekitar 95 orang peserta yang berasal dari utusan Paguyuban se Riau itu ditaja di , di Hotel Royan Asnof Pekanbaru, Senin (23/10/2023).

Hadir sebagai pembicara Analis Kebijakan Ahli Madya Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Ditjen Polpum, Kemendagri, Dr. Drs. Bangun Sitohang, MM yang berbicara tentang Hakikat Politik bagi Kelangsungan Bangsa yang Beragam, Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto, S.Ip, M.Si yang mengupas tentang Nilai-nilai Demokrasi dan Semangat Kebangsaan dalam Dinamika Pemilu Jujur dan Adil, Pakar Hukum Tatanegara UIR, Prof.Dr.Husnu Abadi,M, Hum yang membahas tentang Dialetika Politik Moral dan Politik Kekuasaan sebagai Tantangan Dalam menjaga Keutuhan NKRI serta Sekretarus Kaban Kesbangpol Provinsi Riau Drs.Achirunnas yang menyampaikan materi tentang Keragaman Sebagai kekuatan Kemajuan Bangsa.

Tampak hadir Ketua FPK Provinsi Riau, Drs.H.Auni M Noor, M.Si, Sekretaris FPK Riau Jailani, Bendahara FPK Riau, Syahrial, S.Sos. M.Si serta jajaran Pengurus FPK Riau lainnya. Hadir juga sejumlah ketua-ketua Paguyuban Etnik dan Daerah asal se Provinsi Riau, utusan Organisasi Paguyuban serta sejumlah undangan lainnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Kaban Kesbangpol Provinsi Riau yang diwakili Sekretaris Kesbangpol Riau Drs.Achirunnas. Dalam sambutannya Achirunnas menyampaikan bahwa saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai konflik yang bersifat vertikal maupun horizontal.Menurutnya kehadiran Forum Pembauran dan Kebangsaan (FPK) sangat dibutuhkan untuk merekatkan seluruh elemen masyarakat di bawah naungan Bhineka Tunggal Ika.

"Bangsa Indonesia terbentuk dari keragaman bahasa, suku dan budaya yang bernaung di Bhineka Tunggal Ika. Dengan kemajemukan tersebut, bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai konflik yang bersifat vertikal maupun horizontal. Hal ini disebabkan oleh berbagai latar belakang, permasalahan baik ras, suku, budaya, dan agama yang dapat mengancam integritas nasional," ujar Achirunnas.

Ketua Panitia Dialog Nilai-nilai Pembauran Kebangsaan, Dr.Santoso, M.Si dalam laporannya mengungkapkan Dialog Nilai-nilai Pembauran kebangsaan merupakan agenda rutin FPK Provinsi Riau. Kegiatan itu dihadiri oleh tokoh-tokoh pembauran kebangsaan se Provinsi Riau. "Acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman mengenai nilai-nilai pembauran kebangsaan," imbuhnya.

Senada dengan itu, Ketua Forum Pembauran dan Kebangsaan (FPK) Riau, Auni M Noor mengatakan bahwa tujuan diadakannya Dialog Nilai Nilai Pembauran dan Kebangsaan ini adalah untuk mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pembauran dan kerukunan diantara umat beragama, Nilai Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Diharapkan dialog ini menghasilkan harapan positif dan terus mendorong langkah untuk merawat pembauran kebangsaan di tengah kebhinekaan," terangnya.

Sementara dalam materinya, Ahli Madya Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Ditjen Polpum, Kemendagri, Dr. Drs. Bangun Sitohang, MM menyampaikan pentingnya peran FPK dalam merawat pembauran kebangsaan. "Pembauran kebangsan harus selalu dirawat agar terus terjaga dalam bingkai NKRI," katanya.

Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto, S.Ip, M.Si yang biasa dipanggil Nugie menekankan peran sentral FPK Provinsi Riau dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024. Dikatakan FPK menjadi mitra penting KPU Riau dalam pelaksaan Pemilu 2024 mendatang.

Nugie juga mengupas sejumlah fakta dalam angka pada Pemilu 2019 lalu serta sejumlah kebijakan dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. "Para tokoh-tokoh Paguyuban diharapkan ikut mensosialisasikan cara mencoblos yang benar pada Pemilu 2024 mendatang, karena faktanya pada Pemilu 2019 lalu ada sekitar 10 persen suara yang tidak sah karena salah dalam mencoblos," imbuhnya.

Selain itu Pakar Tatanegara UIR, Prof.Dr,Husnu Abadi, M.Hum menekankan pentingnya sikap moral yang baik dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. menurut Husnu bangsa ini telah teruji dalam melaksanaan Pemilu, dan dipastikan akan sukses, tinggal meningkatkan moral seluruh pemangku kepentingan agar Pemilu berjalan lebih baik.(rls)




 
Berita Lainnya :
  • Pj Gubri Dukung Penuh Parade Bhineka Tunggal Ika FPK Riau
  • FPK Riau Kunker ke Kesbangpol dan FPK-LKMMD Kota Dumai
  • Kapolda Riau Dukung Penuh Parade dan Pesona BTI 2024
  • Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI) Kabupaten Solok Sah Terbentuk
  • "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pj Gubri Dukung Penuh Parade Bhineka Tunggal Ika FPK Riau
    02 FPK Riau Kunker ke Kesbangpol dan FPK-LKMMD Kota Dumai
    03 Kapolda Riau Dukung Penuh Parade dan Pesona BTI 2024
    04 Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI) Kabupaten Solok Sah Terbentuk
    05 "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
    06 Hari Bela Negara ke-75, FPK Riau Bersama PSMTI Gelar Baksos Donor Darah
    07 Hanura Sumbar Desak Gubernur Lantik Komisi Informasi Publik
    08 Menhan Disambut Danrem 032/Wbr Kunjungi Korban Erupsi Gunung Marapi
    09 Febby Dt Bangso Dari Ketua Ke Ketua
    10 Seluruh Korban Erupsi Gunung Marapi Telah Ditemukan
    11 Ganjar Mahfud: Benarkah Akan Dwi Tunggal?
    12 Sinde Puspita,S.Psi MM PhD. Pulang Menata Pendidikan Sumbar
    13 Sekjen Hanura Berpulang, Febby Dt Bangso dan DPD Hanura Sumbar Sampaikan Duka Mendalam
    14 Febby Dt Bangso: Kharisma Ganjar Pranowo Jelas Terlihat di Jalan Santai Perjuangan
    15 Syafri Terpilih Secara Aklamasi Pimpin Forum UMKM Kab. Solok
    16 Diikuti FPK Kabupaten/Kota, Plt Gubri Buka Rakor FPK Riau
    17 Pendamping Halal LP3H UNP Raih Peringkat II Nasional Pendamping Inspiratif
    18 Terima Penghargaan FPK Riau, Gubri Ucapkan Terima Kasih kepada 69 Paguyuban se Riau
    19 Pengurus PWI Sumbar Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mantan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni
    20 Hadirkan Komisioner KPU Riau, Dialog FPK Riau Diikuti Puluhan Tokoh Paguyuban
    21 Dibuka Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Putu Senawa Terpilih sebagai Ketua PHDI Riau
    22 Ingin Rawat Sendiri, 24 Petani kampar Minta Keluar dari Program Lanjutan PSR BPDPKS
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat