Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Staf Khusus Presiden RI Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan dalam PKKMB Universitas Sahid 2023
Rabu, 06-09-2023 - 21:31:27 WIB
TERKAIT:
   
 

Situsnews – Jakarta


Staf Khusus Presiden RI – Angkie Yudistia penyandang disabilitas tunarungu yang aktif bergerak di sociopreneur dari kalangan milenial, menjadi pembicara dalam OSMARU (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) atau biasa dikenal Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sahid yang digelar secara ofline pada Rabu & Kamis, 30 – 31 Agustus 2023 di Universitas Sahid kampus Supomo. Angkie Yudistia memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan, berbicara tentang Pengembangan Wawasan dan Menciptakan Karakter yang Inklusif di hadapan 500 mahasiswa baru USAHID, yang di moderatori Yasser Arafat, SM., MM – pengajar praktisi bidang digital marketing Universitas Sahid.


Angkie Yudistia merupakan sosok muda inspiratif peraih penghargaan The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008, pendiri Thisable Enterprise dan penulis 3 buku laris berjudul Perempuan Tunarungu Menembus Batas, Setinggi Langit dan Become Rich as Sociopreneur. Angkie dalam paparannya menyatakan bahwa salah satu pilar pembangunan bangsa adalah dengan membangun sumber daya manusia sebaik-baiknya. Salah satu cara yang paling relevan saat ini untuk membentuk SDM yang berkualitas adalah dengan mengembangkan sumber daya manusia digital melalui upaya percepatan transformasi digital. Transformasi digital ini harus diiringi dengan peningkatan literasi digital agar internet dan arus informasi yang banyak beredar dapat dipergunakan untuk hal-hal yang edukatif dan produktif. Transformasi digital harus inklusif menjangkau semua pihak. Dari 270 juta penduduk Indonesia pada tahun 2020, generasi milenial dan generasi Z mendominasi lebih dari 50% penduduk Indonesia. Sehingga Potensi pengembangan wawasan dan karakter kedepannya harus relevan untuk menghadapi berbagai tantangan ekonomi, lingkungan, dan politik internasional. Untuk itu kemampuan digital, adaptif, dan kreativitas menjadi skillset kunci. Dan pada 2025, skillset yang dibutuhkan adalah gabungan antara kemampuan beradaptasi, kreativitas, berfikir secara kritis serta pemanfaatan teknologi.


OSMARU/PKKMB yang dimulai pada pukul 08.00 – 16.30 WIB dibuka dengan penayangan video company profile Usahid, kompilasi Osmaru dan video kompilasi prestasi di lanjutkan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Usahid. Sesuai core value Universitas Sahid yaitu Kewirausahaan & Kepariwisataan, OSMARU/PKKMB kali ini mengangkat nuansa Lampung sebagai bentuk dukungan pariwisata Indonesia yang menghadirkan ragam budaya dan tarian nusantara.


Sambutan hangat bagi mahasiswa baru disampaikan Rektor – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU didampingi para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas. Bahwa tema Cerdas dan Berdaya Saing, artinya mahasiswa harus berprestasi dengan inovasi dan kreatifitas yang bermanfaat bagi masyarakat, lulus tepat waktu serta berdaya saing yang berkarakter kebangsaan dengan berciri kepariwisataan dan kewirausahaan.


Turut memberikan sambutan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya – Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA.,BET, bahwa menjadi mahasiswa Universitas Sahid merupakan suatu kesempatan besar untuk membawa perubahan di masa depan. Mahasiswa akan belajar bekerjasama, berdiskusi aktif, melempar gagasan dan mewujudkan banyak pemikiran yang berguna bagi Masyarakat.


Mahasiswa harus bisa menghargai keberagaman dan kebhinekaan, mengasah kreativitas, berkomunikasi, menjalin relasi dan berkolaborasi, mengasah kepemimpinan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, yang merupakan tujuan pembelajaran di Universitas Sahid.


Rangkaian acara OSMARU/PKKMB diisi dengan pemakaian jaket almamater oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya di damping Rektor kepada perwakilan mahasiswa baru dari 5 fakultas sebagai symbol mahasiswa baru secara resmi menjadi mahasiswa Universitas Sahid. Dilanjutkan penyerahan daftar nama mahasiswa baru kepada Dekan masing-masing Fakultas dan Penyerahan secara simbolis Beasiswa KIP (kuliah merdeka), BPU (Beasiswa Prestasi Unggulan), YBJ (Yayasan Beasiswa Jakarta), dan Beasiswa Content Creator/ Influencer USAHID.


Informasi mengenai layanan akademik, keuangan dan K3 di sampaikan oleh Moch. Sambas, SE., MM – Direktur Administrasi Akademik, Ester Dwi Wahyuni, SE., MM – Direktur Keuangan & Bisnis dan Rahayu Retnowati, S.Sos – Direktur SDMI.


Pengenalan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Sahid yaitu Pariwisata dan Kewirausahaan juga disampaikan kepada mahasiswa baru. Aktivitas Pariwisata & Kewirausahaan di bahas dalam talk show oleh para Dosen Universitas Sahid & alumni yaitu Ismayanti Istanto, A.Par, M.Sc; Kania Ratnasari, ST.,MIB; M. Indra Ichwansyah dan Pinkan dengan moderator Tanjung Prasetyo, SE., MP. Guna membentuk karakter mahasiswa baru agar ketika lulus memiliki karakter berwirausaha, dibahas dalam sharring session dengan alumni sukses Universitas Sahid.


Untuk pengenalan fakultas, program studi, BEM dan HMP, para mahasiswa baru di arahkan ke fakultas masing-masing dan dilanjutkan dengan cek urine oleh BNN sebagai implementasi Usahid sebagai kampus anti narkoba. Overview pembinaan mahasiswa disampaikan direktur kemahasiswaan, pengembangan karakter dan alumni – Nani Rohani, SH, untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.


Dalam OSMARU/PKKMB juga ada inspiring session bersama para mahasiswa berprestasi Usahid dalam 6 bidang prestasi, diantaranya Naufal Dimas (Duta Anti Kekerasan); Irene (Prestasi Akademik); Nicolas (Olahraga); Adilah (Content Creator); Halimatu Sadiyah (Duta Bahasa); dan Novita Amanda ( Pengabdian masyarakat) dengan moderator – Chendi Liana, S.Sos., M.Si (Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Usahid).


Inspiring session diharapkan dapat menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri mahasiswa baru untuk berprestasi. Pengenalan UKM (unit kegiatan mahasiswa) juga ditampilkan dengan parade UKM dan kegiatannya, dilanjutkan pengumuman pemenang video perkenalan, peserta paling aktif dan pemenang pentas seni. Serta penyerahan simbolis pohon dari mahasiswa baru ke Universitas. OSMARU/PKKMB ditutup dengan harapan mahasiswa baru kelak lulus tepat waktu dan menjadi sarjana di tahun 2027.


(AS).




 
Berita Lainnya :
  • Pj Gubri Dukung Penuh Parade Bhineka Tunggal Ika FPK Riau
  • FPK Riau Kunker ke Kesbangpol dan FPK-LKMMD Kota Dumai
  • Kapolda Riau Dukung Penuh Parade dan Pesona BTI 2024
  • Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI) Kabupaten Solok Sah Terbentuk
  • "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pj Gubri Dukung Penuh Parade Bhineka Tunggal Ika FPK Riau
    02 FPK Riau Kunker ke Kesbangpol dan FPK-LKMMD Kota Dumai
    03 Kapolda Riau Dukung Penuh Parade dan Pesona BTI 2024
    04 Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI) Kabupaten Solok Sah Terbentuk
    05 "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
    06 Hari Bela Negara ke-75, FPK Riau Bersama PSMTI Gelar Baksos Donor Darah
    07 Hanura Sumbar Desak Gubernur Lantik Komisi Informasi Publik
    08 Menhan Disambut Danrem 032/Wbr Kunjungi Korban Erupsi Gunung Marapi
    09 Febby Dt Bangso Dari Ketua Ke Ketua
    10 Seluruh Korban Erupsi Gunung Marapi Telah Ditemukan
    11 Ganjar Mahfud: Benarkah Akan Dwi Tunggal?
    12 Sinde Puspita,S.Psi MM PhD. Pulang Menata Pendidikan Sumbar
    13 Sekjen Hanura Berpulang, Febby Dt Bangso dan DPD Hanura Sumbar Sampaikan Duka Mendalam
    14 Febby Dt Bangso: Kharisma Ganjar Pranowo Jelas Terlihat di Jalan Santai Perjuangan
    15 Syafri Terpilih Secara Aklamasi Pimpin Forum UMKM Kab. Solok
    16 Diikuti FPK Kabupaten/Kota, Plt Gubri Buka Rakor FPK Riau
    17 Pendamping Halal LP3H UNP Raih Peringkat II Nasional Pendamping Inspiratif
    18 Terima Penghargaan FPK Riau, Gubri Ucapkan Terima Kasih kepada 69 Paguyuban se Riau
    19 Pengurus PWI Sumbar Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mantan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni
    20 Hadirkan Komisioner KPU Riau, Dialog FPK Riau Diikuti Puluhan Tokoh Paguyuban
    21 Dibuka Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Putu Senawa Terpilih sebagai Ketua PHDI Riau
    22 Ingin Rawat Sendiri, 24 Petani kampar Minta Keluar dari Program Lanjutan PSR BPDPKS
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat