Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Wisuda USAHID Ke 47 Melangkah Maju Berkompetisi Beradaptasilah dan Berkolaborasi
Selasa, 06-12-2022 - 17:34:21 WIB
TERKAIT:
   
 

Situsnews.com,Jakarta-Universitas Sahid kembali menggelar Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma III untuk kedua kali secara ofline pasca pandemic, pagi hingga siang tadi di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Jakarta. Sesuai core value Universitas Sahid yaitu Kewirausahaan & Kepariwisataan, wisuda kali ini mengangkat nuansa Jawa sebagai bentuk dukungan untuk pemulihan pariwisata Indonesia yang menghadirkan tata panggung dan tarian khas Jawa. Wisuda Usahid ke 47 yang mengangkat tema Melangkah Maju Berkompetisi, Beradaptasi dan Berkolaborasi menjadi sejarah baru bagi Universitas Sahid.


Wisuda diikuti oleh 339 wisudawan yang terdiri dari 75 orang dari Pascasarjana meliputi 16 orang dari program Doktor Ilmu Komunikasi (S3); 40 orang dari program Magister Management; 19 orang dari program Magister Ilmu Komunikasi (S2); 99 orang dari Fakultas Ekonomi & Bisnis meliputi prodi Manajemen 85 orang, prodi akuntansi 14 orang; 74 orang dari Fakultas Ilmu Komunikasi meliputi 48 orang dari prodi S1 Ilmu komunikasi ; 26 orang dari prodi D3 Humas; 33 orang dari Fakultas Teknik meliputi prodi Teknik Industry 14 orang, prodi Teknik Lingkungan 19 orang; 39 orang dari Fakultas Teknologi Pangan & Kesehatan yang meliputi 23 orang prodi teknologi pangan; 16 orang dari prodi gizi dan 19 orang dari Fakutas Hukum. Pada wisuda ini lulusan program studi gizi merupakan lulusan pertama Universitas Sahid dan sudah melahirkan banyak prestasi. Dan wisudawan ini sebagian besar adalah produk distance learning selama periode Covid 19 (2020-2022) yang sudah melalui sistem quality assurance  yang terprogram, terukur dan terencana dengan baik, serta creative learning dalam proses pembelajarannya, mengantarkan para lulusan  menjadi lebih  kreatif   dan inovatif  dalam menghadapi berbagai tantangan, sehingga diharapkan  siap untuk  mengisi dunia kerja  yang dibutuhkan di era new normal.
Hadir dan memberikan sambutan dalam wisuda ini, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI – Dr. Ir. Paristiyanti Nurwandani, M.P; Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya – Dr. Dra. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA. ; Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya - Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.


Dalam sambutannya, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI - Dr. Ir. Paristiyanti Nurwandani, M.P berpesan kepada lulusan untuk terus meningkatkan hardskill dan softskill serta mengembangkan konsep 6C yakni Computational Thinking, Creative, Critical Thinking, Collaboration, Communication & Compassion agar tercipta lulusan yang kompeten dan mampu bersaing secara global.


Apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan wisuda ke 47 ini juga di sampaikan pimpinan lembaga pemerintahan dan pejabat public antara lain, ucapan selamat wisuda secara virtual dari Presiden RI – Ir. Joko Widodo; Ketua MPR RI - H. Bambang Soesatyo, SE.MBA; Ketua DPR RI - Dr. (H.C.) Puan Maharani, S.Sos;; dan Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok – Drs. Djauhari Oratmangun.


Rektor Universitas Sahid Jakarta - Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU dalam laporannya di Sidang Senat Terbuka menyampaikan tiga hal : Pertama, Seiring dengan upaya pemerintah dalam melakukan pemulihan khususnya di sektor ekonomi, maka wisudawan harus ikut terlibat membantu pemerintah dalam memberikan solusi terhadap problematika  yang dihadapi masyarakat sesuai dengan bidang Ilmu.     Kedua, Peran teknologi khususnya teknologi digital dalam setiap  kehidupan semakin  tinggi di era new normal ini,  dan teknologi digital telah menjadi key success factor dalam memenangkan persaingan  dan meningkatkan daya saing  di segala bidang.  Oleh karena itu belajar dan beradaptasi secara cepat, semangat kerja keras dan disiplin waktu agar dapat memasuki dunia kerja untuk membangun karir dimasa yang akan datang.  Ketiga, Pandemic Covid 19 dan kondisi geopolitik   telah berpengaruh terhadap kondisi ekonomi global termasuk juga Indonesia. Dunia industri dan perilaku masyarakat telah berubah dengan cepat, dunia kerja menuntut ketrampilan dan kemampuan. Kesuksesan membangun karir sangat ditentukan oleh soft skill seperti keuletan, kerja keras, kedisiplinan dan kemampuan beradaptasi secara cepat.  


Beberapa perkembangan dan prestasi USAHID selama TA. 2021/2022 diantaranya telah ditetapkan sebagai 10 PTS yang terbaik berdasarkan penilaian capaian IKU dari 4500 PTS di Indonesia oleh Dirjen Dikti.  Sebagai apresiasinya, Usahid medapatkan Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU degan nilai Rp 500 juta pada bulan Desember 2022 ini. 
Seiring dengan kebijakan pemerintah yang mulai membuka pembelajaran secara luring, maka mulai semester ganjil 2022/2023 Usahid telah menyelenggarakan sistem pengajaran secara hybrid dengan dukungan sarana dan teknologi yang memadai. 
Dalam rangka   implementasi  kebijakan MBKM dan  juga peningkatan reputasi akademik telah   dilakukan  kolaborasi dan partnership dengan  34 lembaga  nasional maupun internasional. Kerjasama dengan universitas (dalam dan luar negeri) dalam rangka untuk   Joint research, students exchange, curriculum development dan joint international scientific meeting.
Dibidang pengembangan SDM; melalui kerjasama dengan Shinhan University of Korea telah diberikan penghargaan Doktor (HC) bidang pariwisata kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan Sahid Jaya Ibu Dr. (HC) Dra. Hj. SB Wiryanti Sukamdani, atas prestasi, dedikasi dan karya-karyanya yang luar biasa dalam pengembangan pariwisata di Indonesia.


Uraian perkembangan dan prestasi Universitas Sahid tersebut diharapkan dapat memperkuat keyakinan, bahwa wisudawan telah mengikuti proses pendidikan di lembaga pendidikan yang kredibel, dan dikelola dengan baik sesuai dengan ketentuan pemerintah.
Pada acara Wisuda Universitas Sahid ke 47 ini juga diberikan Penghargaan kepada wisudawan terbaik yaitu ; Fahrisal Farizi, S.H.(Fakultas Hukum) IPK 3.80; Neneng Munifah, S.TP (Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan/Gizi) IPK 3.95; Patimatul Sahroh,S.I.Kom (S1 FIKOM) IPK 3.82; Muhammad Daffa Rabbani,S.T. (Fakultas Teknik/ Teknik Lingkungan) IPK 3.70; Jocelyn Willa, S.M (Fakultas Ekonomi & Bisnis/Manajemen) IPK 4.00; Eko Agung Sugiyarto, ST., M.Eng., M.Ikom (S2 Pascasarjana/Magister Ilmu Komunikasi) IPK 3.82; Isti Andira Rachmadiyah Latief,
S.M., MM (S2 Pascasarjana/Magister Manajemen) IPK 3.92 dan Dr. Dian Agustine Nuriman, M. I. Kom (S3 Pascasarjana/ Doktor Ilmu Komunikasi) IPK 3.89.
Penghargaan Sahid University Award diberikan kepada wisudawan terbaik dari yang terbaik, Jocelyn Willa, S.M (Fakultas Ekonomi & Bisnis/Manajemen) dengan IPK 4.00.


Pembacaan kesan dan pesan wisudawan serta pemberian tanda bakti kepada almamater disampaikan wisudawan pascasarjana Doktor Ilmu Komunikasi (S3) Prabu Revolusi - Vice President Business Development and Corporate Secretary MNC Media/Deputy News Director MNC News Channel, yang memberikan rangkaian bunga sebagai ungkapan tanda bakti & apresiasi kepada Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya - Dra. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA. dan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya - Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET. Turut diwisuda praktisi senior media Makroen Sanjaya – wisudawan Pascasarjana Doktor Ilmu Komunikasi (S3) yang merupakan Direktur TV Mu. Moment istimewa wisuda dengan kolaborasi para praktisi media ini dalam meningkatkan kompetensi yang adaptif di industry media.
Menutup sambutan nya Rektor mewakili segenap civitas akademika Universitas Sahid mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi, dan berharap ilmu yang telah didapatkan bermanfaat bagi keluarga dan Bangsa. Ucapan selamat juga disampaikan kepada orang tua wisudawan yang telah berhasil menghantarkan putra-putrinya menyelesaikan studi di Universitas Sahid menuju gerbang masa depan. Serta ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan para orang tua untuk pendidikan putra-putrinya di Universitas Sahid.(AS/USAHID).




 
Berita Lainnya :
  • "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
  • Hari Bela Negara ke-75, FPK Riau Bersama PSMTI Gelar Baksos Donor Darah
  • Hanura Sumbar Desak Gubernur Lantik Komisi Informasi Publik
  • Menhan Disambut Danrem 032/Wbr Kunjungi Korban Erupsi Gunung Marapi
  • Febby Dt Bangso Dari Ketua Ke Ketua
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 "Ndasmu Etik": Retorika Jalur Buntu
    02 Hari Bela Negara ke-75, FPK Riau Bersama PSMTI Gelar Baksos Donor Darah
    03 Hanura Sumbar Desak Gubernur Lantik Komisi Informasi Publik
    04 Menhan Disambut Danrem 032/Wbr Kunjungi Korban Erupsi Gunung Marapi
    05 Febby Dt Bangso Dari Ketua Ke Ketua
    06 Seluruh Korban Erupsi Gunung Marapi Telah Ditemukan
    07 Ganjar Mahfud: Benarkah Akan Dwi Tunggal?
    08 Sinde Puspita,S.Psi MM PhD. Pulang Menata Pendidikan Sumbar
    09 Sekjen Hanura Berpulang, Febby Dt Bangso dan DPD Hanura Sumbar Sampaikan Duka Mendalam
    10 Febby Dt Bangso: Kharisma Ganjar Pranowo Jelas Terlihat di Jalan Santai Perjuangan
    11 Syafri Terpilih Secara Aklamasi Pimpin Forum UMKM Kab. Solok
    12 Diikuti FPK Kabupaten/Kota, Plt Gubri Buka Rakor FPK Riau
    13 Pendamping Halal LP3H UNP Raih Peringkat II Nasional Pendamping Inspiratif
    14 Terima Penghargaan FPK Riau, Gubri Ucapkan Terima Kasih kepada 69 Paguyuban se Riau
    15 Pengurus PWI Sumbar Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mantan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni
    16 Hadirkan Komisioner KPU Riau, Dialog FPK Riau Diikuti Puluhan Tokoh Paguyuban
    17 Dibuka Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Putu Senawa Terpilih sebagai Ketua PHDI Riau
    18 Ingin Rawat Sendiri, 24 Petani kampar Minta Keluar dari Program Lanjutan PSR BPDPKS
    19 Staf Khusus Presiden RI Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan dalam PKKMB Universitas Sahid 2023
    20 Kerjasama International USAHID Menggandeng International Islamic Academy of Uzbekistan
    21 Ini 10 Motivator Terbaik dan Terkenal di Indonesia, Nomor Tujuh Paling Muda
    22 Rilis Mini Album Metro, Jebung Padukan Genre dan Warna Musik
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat